Sistem Pakar Metode Naive Bayes

By , July 23, 2018,

Metode Naive bayes adalah metode yang digunakan untuk melakukan perhitungan dalam penyelesaian kasus kepakaran. Konsep yang digunakan adalah menghitung nilai probabilitas kemunculan setiap varibel yang di pilih dalam perhitungannya dan selanjutnya   mengklasifikasinya berdasarkan variabel yang di masukkan.

Sistem pakar banyak sekali menggunakan pilihan metode, beberapa konsep dalam sistem pakar misalnya clustering dan probabilitas. Berkut ini sistem pakar yang saya kembangkan menggunakan metode Naive Bayes. Kasus yang kita ambil adalah untuk mendeteksi kasus perkembangan anak.

Untuk data yang diperlukan yaitu data gangguan serta data gejala terhadap gangguan permasalahan anak. Simak terus artikel ini.

Langkah-Langkah sistem pakar metode Naïve Bayes

Langkah-Langkah sistem pakar metode Naïve Bayes

Langkah-Langkah sistem pakar metode Naïve Bayes

Aplikasi Sistem Pakar Naïve Bayes

Pada analisis kali ini user interaface atau stakeholder yang terkait dengan aplikasi terdapat 2 user. User tersebut yaitu Admin dan member. Untuk masing-masing fungsi dan fiturnya yaitu:

  1. Admin, Merupakan user yang berperan dalam hal mengontrol jalannya aplikasi secara keseluruhan.
  2. Member, Merupakan user dengan fungsi menggunakan aplikasi dengan hanya beberapa fitur saja sesuai levelnya.

 

Nah untuk fitur dan detail masing-masing user level di atas yaitu:

#Admin

Login

Login pakar naive bayes

Login pakar naive bayes

Login, Sebelum menggunakan aplikasi pakar teorema bayes ini admin harus melakukan login kedalam aplikasi. Data login adalah data yang terdaftar pada menu user aplikasi. Admin login atau masuk aplikasi dengan menggunakan username dan password. Jika username dan password yang di masukkan salah, maka admin tidak bisa login.

User

User sistem pakar naive bayes

User sistem pakar naive bayes

User, merupakan menu yang berada pada data master. Data master merupakan data utama yang mempunyai fungsi untuk keperluan proses pada menu berikutnya. Untuk data master bisa terdapat lebih dari 1 menu atau bisa terdapat banyak menu. Oke, menu user  ini digunakan untuk mengelola user yang menggunakan aplikasi. Prosesnya diantaranya yaitu menambah user, mengedit user, dan menghapus user.

Gangguan

Gangguan sistem pakar naive bayes

Gangguan sistem pakar naive bayes

Gangguan, merupakan menu data master yang digunakan untuk mengelola data gangguan. Jika disamakan dengan konsep sistem pakar lain menu gangguan ini mungkin bisa kita namakan penyakit, namun jika pada kasus ini namanya gangguna. Proses detailnya yaitu menambah gangguan, mengedit gangguan, dan menghapus gangguan.

Gejala

Gejala sistem pakar naive bayes

Gejala sistem pakar naive bayes

Gejala, merupakan menu data master yang digunakan untuk mengelola gejala yang yang ada. Gejala adalah bagian yang terlibat terhadap gangguan. Untuk prosesnya meliputi menambah gejala, mengedit gejala, menghapus gejala.

Relasi

Relasi sistem pakar naive bayes

Relasi sistem pakar naive bayes

Relasi, merupakan menu data master yang digunakan untuk mengelola relasi antara gejala dengan gangguan. Relasi adalah hubungan yang mengindikasikan gangguan berdasarkan gejala. Untuk prosesnya mengedit relasi antara gejala terhadap gangguan.

Konsultasi

Konsultasi sistem pakar naive bayes

Konsultasi sistem pakar naive bayes

Konsultasi, merupakan menu yang digunakan untuk melihat data konsultasi yang diakukan. Pada user interface admin, admin dapat melihat user yang melakukan konsultasi,  termasuk admin sendiri. Detail informasi konsultasi seperti waktu konsultasi serta hasil perhitungan konsultasi kepada aplikasi pakar ini. Proses yang ada yaitu melakukan konsultasi.

Logout

Logout, merupakan menu yang digunakan untuk keluar dari aplikasi.

#Member

Register

Register sistem pakar naive bayes

Register sistem pakar naive bayes

Register, merupakan form untuk melakukan pendaftaran yang di lakukan member. Pada aplikasi atau sistem ini member daftar mendaftar untuk menggunakan aplikasi

Login

Login sistem pakar naive bayes

Login sistem pakar naive bayes

Login, merupakan form yang di gunakan untuk masuk aplikasi oleh member

Profil

Profil sistem pakar naive bayes

Profil sistem pakar naive bayes

Profil, merupakan menu yang digunakan untuk mengelola data member. Proses yang ada yaitu mengedit data profil atau data member.

Konsultasi

Konsultasi memberl sistem pakar naive bayes

Konsultasi memberl sistem pakar naive bayes

Konsultasi, merupakan menu yang digunakan untuk melihat data konsultasi yang pernah di lakukan. Bedanya dengan menu konsultasi pada halaman admin yaitu disini member hanya bisa melihat hasil konsultasinya dia sendiri dan tidak dengan hasil konsultasi user lain. Proses yang ada yaitu menu konsultasi lagi.

Logout

Logout, merupakan menu yang digunakan untuk keluar aplikasi sama seperti admin.

 

Terimakasih sudah membaca artikel ini. Jika kamu membutuhkan jasa sistemphp.com untuk mengembangkan aplikasi pakar dengan kasus yang berbeda ataupun mengkombinasikannya dengan metode lain kami siap membantu Kamu. Untuk pengembangan di lakukan menggunakan aplikasi berbasis web dan database mysql. Untuk info lebih lanjut bisa kontak kami langsung.