21 Kelebihan dan 4 Kelemahan Metode AHP dibanding Metode Lain

By , February 26, 2015,

Kelebihan dan Kelemahan Metode AHP dibanding Metode Lain. Pemilihan sebuah metode pada penyelesaian studi kasus harus mempertimbangkan beberapa hal. Diantara hal yang perlu dipertimbangkan yaitu kelebihan apa yang membuat Anda harus memilih metode tersebut, apa bedanya dengan metode yang lain. Hal tersebut adalah hal mutlak yang menjadi dasar pemilihan sebuah metode untuk mengatasi masalah, jika Anda ingin mengimplementasikannya kedalam sebuah sistem, baik itu sistem pendukung keputusan ataupun sistem pakar.

Kelebihan Kekurangan Metode AHP

Kelebihan Kekurangan Metode AHP

Atas dasar diatas, biasanya bagi mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhir dan skripsi atau TA biasanya dituntut untuk mengetahui hal  tersebut, guna menghadapi penguji pada waktu mengadakan seminar. Nah untuk itu Saya akan sharing kelebihan metode AHP dibanding metode yang lain untuk Anda. Selain kelebihan, Saya akan beri tahu juga apa sih kekurangan metode ahp di banding yang lain.

Kelebihan metode AHP

  1. Kesatuan (Unity)AHP membuat permasalahan yang luas dan tidak terstruktur menjadi suatu model yang fleksibel dan mudah dipahami.
  2. Kompleksitas (Complexity)AHP memecahkan permasalahan yang kompleks melalui pendekatan sistem dan pengintegrasian secara deduktif.
  3. Saling ketergantungan (Inter Dependence)AHP dapat digunakan pada elemen-elemen sistem yang saling bebas dan tidak memerlukan hubungan linier.
  4. Struktur Hirarki (Hierarchy Structuring)AHP mewakili pemikiran alamiah yang cenderung mengelompokkan elemen sistem ke level-level yang berbeda dari masing-masing level berisi elemen yang serupa.
  5. Pengukuran (Measurement)AHP menyediakan skala pengukuran dan metode untuk mendapatkan prioritas.
  6. Konsistensi (Consistency)AHP mempertimbangkan konsistensi logis dalam penilaian yang digunakan untuk menentukan prioritas.
  7. Sintesis (Synthesis)AHP mengarah pada perkiraan keseluruhan mengenai seberapa diinginkannya masing-masing alternatif. 
  8. Trade OffAHP mempertimbangkan prioritas relatif faktor-faktor pada sistem sehingga orang mampu memilih altenatif terbaik berdasarkan tujuan mereka.
  9. Penilaian dan Konsensus (Judgement and Consensus)AHP tidak mengharuskan adanya suatu konsensus, tapi menggabungkan hasil penilaian yang berbeda.
  10. Pengulangan Proses (Process Repetition)AHP mampu membuat orang menyaring definisi dari suatu permasalahan dan mengembangkan penilaian serta pengertian mereka melalui proses pengulangan. Sedangkan kelemahan metode AHP adalah sebagai berikut:
  11. Ketergantungan model AHP pada input utamanya. Input utama ini berupa persepsi seorang ahli sehingga dalam hal ini melibatkan subyektifitas sang ahli selain itu juga model menjadi tidak berarti jika ahli tersebut memberikan penilaian yang keliru.
  12. Metode AHP ini hanya metode matematis tanpa ada pengujian secara statistik sehingga tidak ada batas kepercayaan dari kebenaran model yang terbentuk.
  13. Struktur yang berhirarki, sebagai konsekuensi dari kriteria yang dipilih, sampai pada subkriteria yang paling dalam.
  14. Memperhitungkan validitas sampai dengan batas toleransi inkonsistensi berbagai kriteria dan alternatif yang dipilih oleh para pengambil keputusan.
  15. Memperhitungkan daya tahan atau ketahanan output analisis sensivitas pengambilan keputusan.
  16. Metode AHP memiliki keunggulan dari segi proses pengambil keputusan dan akomodasi untuk atribut atribut baik kuantitatif dan kualitatif.
  17. Metode AHP juga mampu menghasilkan hasil yang lebih konsisten dibandingkan dengan metode metode lainnya.
  18. Metode pengambilan keputusan AHP memiliki sistem yang mudah dipahami dan digunakan. 
  19. Struktur yang berhirarki, sebagai konsekuesi dari kriteria yang dipilih, sampai pada subkriteria yang paling dalam.
  20. Memperhitungkan validitas sampai dengan batas toleransi inkonsistensi berbagai kriteria dan alternatif yang dipilih oleh pengambil keputusan.
  21. Memperhitungkan daya tahan output analisis sensitivitas pengambilan keputusan.

Kelemahan metode AHP

  1. Orang yang dilibatkan adalah orang –orang yang memiliki pengetahuan ataupun banyak pengalaman yang berhubungan dengan hal yang akan dipilih dengan menggunakan metode AHP
  2. Untuk melakukan perbaikan keputusan, harus di mulai lagi dari tahap awal. 
  3. Ketergantungan model AHP pada input utamanya. Input utama ini berupa persepsi seorang ahli sehingga dalam hal ini melibatkan subyektifitas sang ahli selain itu juga model menjadi tidak berarti jika ahli tersebut memberikan penilaian yang keliru.
  4. Metode AHP ini hanya metode matematis tanpa ada pengujian secara statistik sehingga tidak ada batas kepercayaan dari kebenaran model yang terbentuk.

Demikaian Kelebihan dan Kelemahan Metode AHP dibanding Metode Lain yang Saya pernah baca dari beberapa sumber. Untuk penggunaannya silahkan sesuaikan dengan kebutuhan perancangan studi kasus ketika akan merancang sebuah sistem menggunakan metode AHP.

sumber: repository.usu.ac.idstaff.gunadarma.ac.idmetode-ahp.blogspot.comrepo.pens.ac.id

Postingan berikutnya

  1. content
  2. kelebihan metode ahp
  3. kelebihan dan kekurangan metode ahp
  4. kelebihan metode ahp dibanding metode lain
  5. kelemahan dan kelebihan metode Ahp
  6. kelebihan ahp
  7. kelemahan ahp
  8. alasan menggunakan metode AHP
  9. kelemahan metode ahp
  10. kelebihan dan kelemahan metode topsis
  11. keunggulan metode ahp
  12. kelebihan dan kekurangan AHP
  13. kelemahan metode SAw
  14. manfaat metode ahp
  15. apa keunggulan ahp

2 thoughts on “21 Kelebihan dan 4 Kelemahan Metode AHP dibanding Metode Lain

  1. Pingback: Langkah - Langkah: Contoh Perhitungan Metode AHP

  2. Pingback: Contoh Soal Metode AHP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *