Penerapan Metode AHP Pada Studi Kasus

By , February 25, 2015,

Penerapan Metode AHP Pada Studi Kasus. Metode AHP (Analythic Hierarchy Process) adalah metode yang digunakan untuk menilai sebuah studi kasus yang dalam penyelesaianya lebih mengutamakan penilaian relatif. Misalnya dalam sebuah contoh Anda ingin menghitung sebuah perbandingan jarak antara kota a dengan kota b, nilai relatif yang dimaksud pada kasus ini yaitu dekat, jauh, sedang. Tidak itu saja nilai relatif yang bisa di contohkan misalnya yaitu: baik, buruk, tidak baik, sangat baik dan masih banyak lagi. Dengan menggunakan metode AHP, nilai relatif tersebut di tranformasi juga menjadi nilai kuantitatif. Dengan nilai kuantitatif tersebut, maka penilaian bisa di katakan lebih objektif karena menggunakan nilai berdasarkan perhitungan metode.

Penerapan ahp

Penerapan ahp

Dalam Penggunaannya metode ini juga bisa di gabungkan dengan metode lain. Seperti pada studi kasus skripsi Saya, Saya menggunakan metode AHP dengan menggabungkannya dengan metode Fuzzy. Dalam kasus t ersebut Saya membangun konsep SPK, dengan penyelesaian masalah sebuah evaluasi.

Penerapan Metode AHP Pada Studi Kasus

Sebagian dari Anda mungkin sedang mengerjakan sebuah projek SPK atau Sistem Pakar dengan menggunakan metode ini, untuk itu Saya sedikit sharing kasus seperti apa saja yang dapat di implementasikan menggunakan metode ini. Kalau dalam projek-projek seperti ini, pada pembuatan program dan aplikasinya Saya lebih konsen dan fokus kepada pemrograman berbasis web online yaitu dengan bahasa program PHP.

Iklan: Jika Anda mebutuhkan konversi sebuah metode kedalam bahasa program php, Anda dapat menghubungi Saya. Atau sekaligus ingin memesan projek sebuah sistem, source code dan aplikasi software berbasis web.

Maaf diatas ada iklan lewat. Semoga laris ya. Oke lanjut lagi. Tadi topiknya bagaimana menerapkan metode ahp pada sebuah kasus, berikut ini beberapa studi kasus yang menurut Saya bisa di implementasikan menggunakan metode ahp ini.

1. Kasus penilaian karyawan

Contohnya Anda ingin menilai sebuah karyawan terbaik pada sebuah perusahaan,  pada penilaian tersebut Anda akan menampilkan nilai relatif dan kuantitaf dan selanjutnya merangking nilai tersebut menggunakan ahp. Cara mengggunakan metode ini adalah dengan melakukan perhitungan nilai pada setiap karyawan tersebut dan  menjadikannya kedalam sebuah matriks perbandingan.

Namun, sebelum itu, Anda harus tahu basik dan dasar metode ini. Dasarnya yaitu menggunakan metode ahp untuk menilai sebuah kriteria dan juga alternatif. Semua dasar ini sama, walapun studi kasus yang Anda selesaikan berbeda. Nah masalahnya sekarang, mana alternatif dan mana yang kriteria. Alternatif adalah objek yang akan dinilai. Pada kasus ini alternatif yang dimaksud adalah karywan. Alternatif boleh banyak. Oke, yang selanjutnya ada kriteria. Kriteria pada kasus ini yaitu variabel yang digunakan untuk menilai alternatif tersebut. Bisa kita misalkan saja kriteria atau veriabel untuk menilai karyawan tersebut yaitu kehadiran, prestasi, respon, tanggung jawab dan banyak lagi. Tergantung penerapan penilaian yang Anda bangun. Saya rasa seperti itu dasar perhitungan pada metode ini.

2. Penilaian produk terbaik

Sama halnya dengan contoh no 1, pada contoh kasus yang kedua ini digunakan untuk menentukan produk terbaik. Hanya saja bedanya pada masalah atau objek yang akan diselesaikan permasalahannya. Kalau menurut konsep sama seperti aya yang sudah Saya jabarkan diatas. Tinggal kemudian adalah perancangan dan ekplorasi pengembanganya saja.

3. Penentuan lokasi

Pada contoh ketiga ini Saya pernah menemui contoh kasus untuk menentukan lokasi pendirian pasar, pendirian tower BTS, penentuan lokasi toko cabang dan banyak lagi. Konsep dasarnya tetap sama, yaitu menggunakan alternatif dan kriteria sebagai variabel untuk perhitungan metode AHP.

Oke Saya rasa contoh yang Saya sharing cukup 3 saja, untuk contoh-contoh Penerapan Metode AHP Pada Studi Kasus yang lain banyak studi yang bisa di kembangkan dengan menggunakan metode ini. Untuk perancangan dan pembangungan source code dan aplikasi software sistemnya tergantung keahlian Anda. Kalau Saya sangat tertantang dengan penggunakan programan php dan database mysql.

Postingan berikutnya

  1. contoh soal metode AHP
  2. contoh kasus ahp dan penyelesaiannya
  3. contoh soal studi kasus menggunakan 3 metode

3 thoughts on “Penerapan Metode AHP Pada Studi Kasus

  1. Pingback: 21 Kelebihan dan 4 Kelemahan Metode AHP dibanding Metode Lain

  2. Pingback: Langkah - Langkah: Contoh Perhitungan Metode AHP

  3. Pingback: Contoh Soal Metode AHP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *