Analisa Desain Sistem Informasi

By , April 1, 2015,

Analisa Desain Sistem Informasi. Dalam membangun sebuah sistem informasi analisa dan disain adalah bagian yang tidak bisa di pisahkan antara yang satu dengan yang lainya. Analisa adalah tahapan dan  langkah awal bagaimana Anda bisa menentukan alur proses kerja sistem yang akan Anda bangun dan rancang. Dalam menganalisa sistem, yang harus Anda pahami adalah melihat sebuah ruang linkup atau stake holder pada sistem yang Akan Anda desain, dengan demikian Anda akan memahami hal-hal apa saja yang Akan terkait dengan sistem informasi yang Akan Anda desain nantinya.

Analisa dan desain sistem informasi

Sebelum itu Anda juga harus tahu, apa artike sistem itu:

” Sistem adalah kumpulan elemen yang saling berinteraksi untuk mencapai tujuan tertentu. “

Sedangkan informasi yaitu:

” Informasi adalah data yang sudah di oleh sehingga menghasilkan manfaat tertentu bagi penerima informasi. “

Sehingga gabungan dari keduanya yaitu:

” Sistem Informa adalah prosedur yang terkait antara sistem dan informasi, dan sehingga menjadi satu kesatuan menjadi suatu kompenen yang berkerja berdasarkan prosedur proses. Proses yang terjadi bisa menyimpan, menganalisis dan menghasilkan informasi baru hal ini terkait dengan ruang lingkup sistem dan informasi yaitu teknologi dan manusia. “

5 Manfaat analisa desain sistem informasi

Beberapa manfaat dari analisa dan desain sebuah sistem informasi yaitu

  1. Terhindar dari kesalahan fatal setelah perancangan sistem informasi
  2. Menyesuaikan kebutuhan sistem terhadap proses yang dibutuhkan
  3. Meminimalisirkan proses yang tidak perlu digunakan
  4. Mempercepat pengembangan dan pembangunan sistem
  5. Memberikan informasi baru terhadap kebutuhan sistem

Dalam sebuah buku juga di jelaskan tentang analisa dan desain sistem informasi yaitu pada buku jogiyanto 2005. Selain pada buku tentang disain dan analisa ini juga di bahasa pada banyak jurnal dan makalah analisa perancangan sistem informasi.

4 Langkah dasar menganalisis sistem informasi

Pengertian analisis sistem informasi adalah merupakan tindakan bagaimana identifikasi, memahami dan menganalisa pada projek sistem sebelum sistem tersebut dibuat. Beberapa langkah mendasar yang perlu Anda lakukan jika akan menganalisis sebuah sistem yang akan Anda rancang.

  1. Identifikasi (identify), Mengidentifikasi masalah yang akan Anda selesaikan dengan sistem informasi yang akan Anda buat.
  2. Pemahaman (Understand), adalah sebuah pemahaman tentang bagaimana proses sistem yang akan dibuat baik alur kerja proses, maupun ruang lingkup pada sistem tersebut.
  3. Menganalisa (Analyze), tahapan menghanalisa sistem berdasarkan identifikasi masalah dan pemahaman proses pada sistem yang akan menjalankan proses.
  4. Laporan (Report), sebuah laporna yang berguna untuk memberikan informasi tentang analisa yang dibuat. Dengan laporan ini dijadikan menjadi evaluasi bersama tantang sistem yang akan di kembangkan. Dengan demikian kesalahan-kesalahan dapat diminimalisir keberadaanya.

Mendisain sistem informasi yang bagus dan mudah sebenarnya ukup simpel saja. Pemahaman tersebut pada intinya seperti dengan 4 langkah diatas. Selain itu, modul tentang analisa dan disain sistem informasi juga ada. Perancangan ini dibuat dan diterapkan pada sebuah projek sistem baik sistem offline maupun online sama. Namun jika Anda membutuhkan analisa sistem berbasis web online kami menyediakan jasa analisa dan disain sebuah sistem.

Langkah desain sistem informasi

Pengertian desain sistem informasi adalah tahapan menggambarkan sistem yang akan dibuat. Desain dapat dilakukan jika analisis sistem sudah terjadi. Dengan demikian antara analisa dan desain adalah hal yang saling terkait antara yang satu dengan yang lainya.

Pada bagian ini desain terbari 2 yaitu:

  1. Desain konsep, adalah bagian dari membuat konsep sistem
  2. Desain terperinci, adalah desain secara menyeluruh sistem yang dibuat

Analisa Desain Sistem Informasi semoga barmanfaat terhadap projek yang sedang Ada buat. Terimakasih.

Postingan berikutnya

  1. contoh desain sistem informasi
  2. contoh analisis dan desain sistem informasi
  3. contoh analisis aplikasi
  4. makalah analisis dan desain sistem informasi
  5. contoh informasi analisis software
  6. contoh program yg bisa di analisis
  7. contoh desain sim
  8. contoh desain analisis
  9. contoh aplikasi program analisis
  10. contoh analisis sebuah web php
  11. contoh analisis desain
  12. menganalisa program contoh

2 thoughts on “Analisa Desain Sistem Informasi

  1. Pingback: Hubungan Sistem Informasi dan Riset Pemasaran

  2. jasa pembuatan web

    artikel yang sangat keren kalau berkenan saya ingin menshare artikel Cara Simpel Analisa Desain Sistem Informasi nya. boleh mas?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *