Cara Membuat Database Mysql di Phpmyadmin

By , February 8, 2015,

Cara Membuat Database Mysql di Phpmyadmin untuk sebuah file server berguna untuk menyimpan kontruksi file yang ada di server. Phpmyadmin merupakan tampilan visual yang digunakan untuk memudahkan user dalam membuat dan memodifikasi database, baik berupa membuat, menghapus, menambah tabel dan banyak sekali intruksi-intruksi yang dapat Anda jalankan di program ini.

Untuk mengelola database sebelumnya menggunakan aplikasi berbasis command line atau bersisi sintak-sintak tentang database. Dengan adanya phpmyadmin aktivitas mengelola database bisa dilakukan dengan cepat dan mudah oleh user pengguna database. Pada aplikasi atau program phpmyadmin banyak sekali intruksi proses yang dapat Anda gunakan. Nah untuk kali ini saya akan membagikan bagaiana cara buat database di phpmyadmin.

Langkah-langkah membuat database di Phpmyadmin

Simak penjelasan mudah berikut ini agar Anda dapat buat database secara cepat dan mudah. Karena pada dasarnya buat database dengan menggunakan phpmyadmin itu cukup simple saja.

1. Akses phpmyadmin di http://localhost/phpmyadmin  jika Anda menggunakan server hosting. Maka silahkan ganti link localhost dengan ip address server atau domain Anda.Selanjutnya akan muncul tampilan phpmyadmin. Nah penjelasan umunya adalah bagian sebelah kiri dari tapilan phpmyadmin tersebut merupakan deretan database yang terbuat dan bagian ruang sebelah kanan merupakan tampilan intruksi-intruksi proses phpmyadmin yang bisa dilakukan.

Tampilan phpmyadmin

Tampilan phpmyadmin

2. Selanjutnya mulai membuat database dengan memberikan nama database pada form yang ada yaitu pada create new database disini saya memberi nama database yang akan dibuat dengan nama sistemphp kemudian klik create. Selajuntnya akan terjadi proses pembuatan database. Jika nama database yang dibuat belum ada maka akan berhasil seperti tampilan berikut ini. Namun jika database sudah ada biasanya gagal atau tidak bisa dibuat.

Membuat database phpmyadmin

Membuat database phpmyadmin

3. Langkah selanjutnya yang Anda lakukan adalah mebuat tabel untuk database yang sudah Anda buat. Pada tutorial kali ini tabel yang di buat satu saja sebagai contoh. Caranya adalah dengan memberikan nama tabel pertama sebut pada form creat new table on database, disini saya memberi nama tabel pertama dengan user, kemudian isi jumlah field yang akan di buat kemudian klik go pada bagian bawah sebelah kanan. Tabel user tersebut berisi tiga field yaitu nama, username dan password.

Tabel database phpmyadmin

Tabel database phpmyadmin

4. Selanjutnya setelah proses no 3 diatas Anda akan di berikan tampilan form pengisian field untuk tabel yang akan dibuat yaitu penamaan field tadi. Berilah nama dan type filed tersebut. Disini tips dalam penamaan filed adalah harus konsisten dengan artinya jika huruf kecil, maka kecil semua. Berikan nama field yang mencerminkan isi dari field tersebut. Misal field nama berisi nama dan seterusnya.

Isi database phpmyadmin

Isi database phpmyadmin

5. Terakhir jika berhasil akan muncul tampilan berikut. Tampilan berikut ini menunjukkan tabel berhsil di buat terlihat pada bagian kiri. sebelah kanan menunjukkan field yang sudah terbuat yaitu tiga field.

Tabel berhasil dibuat

Tabel berhasil dibuat

Menu-menu yang ada di phpmyadmin

Berikut ini penjelasan singkat mengenai menu-menu yang ada

  1. Browse, ini merupakan menu untuk melihat filed pada database yang sedang aktif.
  2. Structure, ini merupakan menu untuk melihat kontruksi tabel database seperti nama field, type dan jenis-jenis field lainya.
  3. Sql, ini menu yang berfungsi untuk melakukan sintax Sql pada phpmyadmin.
  4. Search, fitur yang berguna untuk mencari isi pada database.
  5. Insert, menu yang berfungsi untuk menginsert isi tabel pada database.
  6. Export, menu yang berfungsi untuk mengeksport atau mengeluarkan isi tabel dari luar atau misalnya dari komputer Anda.
  7. Import, ini kebalikan dari menu eksport yaitu memasukkan field tabel ke database dari komputer Anda. Gimana caranya akan saya posting di artikel berikutnya.
  8. Operations, menu ynag berfungsi untuk operasi pada phpmadmin
  9. Empty, menu yang berguna untuk mengosongkan tabel database.
  10. Drop, menu yang berguna untuk menghapus tabel baik field maupun isinya.

Demikian artikel Cara Membuat Database Mysql di Phpmyadmin terimakasih sudah berkunjung untuk membacanya. Semoga bermanfaat.

Postingan berikutnya

  1. membuat tabel user di phpmyadmin
  2. tabel php
  3. contoh database penjualan dengan phpmyadmin
  4. cara bikin program penjualan di php my admin
  5. rumus php myadmin
  6. Contoh program database menggunakan phpmyadmin
  7. Contoh database phpmyadmin menggunakan user sistem dan database
  8. contoh database hotel menggunakan php my admin
  9. contoh database cmd penjualan
  10. Contoh coding database di php my admin
  11. coding buat database
  12. tampilan phpmyadmin penjelasan

6 thoughts on “Cara Membuat Database Mysql di Phpmyadmin

  1. Pingback: Cara Membuat Short URL Pemendek Link PHP

  2. Pingback: Cara Membuat Login PHP yang Aman

  3. Pingback: Cara Menampilkan Isi tabel Database PHP

  4. Pingback: Cara Menampilkan Dua Tabel atau lebih Isi Database

  5. Pingback: Merancang Database Sistem Pendukung Keputusan (SPK)

  6. Pingback: Penerapan Metode AHP Pada Studi Kasus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *