Algoritma DES Sederhana Dengan PHP

Form Algoritma DES Sederhana Dengan PHP

Form Algoritma DES Sederhana Dengan PHP

Halo semua apa kabar, kali ini kita akan sharing tentang aplikasi sederhana berbasis web php yang dibuat untuk menyelesaikan atau mengimplementasikan algoritma keamanan berjenis kriptografi.

Yaitu algoritma DES (DATA ENCRYPTION STANDARD) meskipun ini adalah algoritma des sederhana dengan php yang di buat dengan script sedikit simpel. Namun, untuk tingkat keamanan string dan juga sangat lumayan untuk digunakan.

Yang menjadi catatan adalah alrogitma ini menggukan key (kunci) dan juga string (karakter yang akan di enkripsi). String atau karakter yang akan di enkripsi dikenal dengan istilah plaintext sedang text setelah di enkripsi di kenal dengan istilah chippertext.

Oke tidak panjang lebar, karena ini hanya script php sederhana jadi tidak perlu kita jabarkan secara mendetail. Untuk aplikasi yang lebih kompleks tentang keamanan data pada file ini akan kita bahas di postingan berikutnya.

Algoritma DES Sederhana Dengan PHP

Untuk fungsi yang perlu Kamu gunakan adalah fungsi yang ada pada php. Untuk penggunaanya kita tinggal panggi saja sesuai kebutuhan. Untuk detail script sederhana ini kita bagi menjadi dua yaitu form.php dan enkripsi.php.

  1. Form.php adalah form yang digunakan untuk memasukkan string yang akan di enkripsi dan key yang akan digunakan untuk mengenkripsi.
  2. Enkripsi.php adalah file yang digunakan untuk memproses string yang dikirim dari form

Baiklah, ini kedua file tersebut:

1.form.php

<html>
<head>
<title>Enkripsi DES</title>
</head>
<body>
<form method=”post”
action=”enkripsi.php”>TEXT:<input type=”text” name=”string”>
<br>KEY:<input type=”text” name=”key”>
<input type=”submit” name=”submit”
value=”Enkripsi”>
</form>
</body>
</html>

2.enkripsi.php

<?php
$str=$_POST[‘string’];
$key=$_POST[‘key’];
$crypt=crypt($str);
$des=crypt($str, $key);
$base64enkripsi=base64_encode($str);
$base64dekripsi=base64_decode($base64enkripsi);
echo”$crypt”;
echo”<br>$des”;
echo”<br>$base64enkripsi”;
echo”<br>$base64dekripsi”;
?>

Hasil:

Hasil Algoritma DES Sederhana Dengan PHP

Hasil Algoritma DES Sederhana Dengan PHP

Baik itulah kedua file untuk mengamankan string atau karakter dan juga kalimat. Oh ia, untuk beberapa kegunaan dari pengamanan ini diantaranya:

  1. Mengamankan string password
  2. Mengamankan parameter url
  3. Mangamankan file yang di upload dengan memberikan kunci password, ini dapat digunakan untuk mengamankan beberapa jenis file misalnya word,pdf,excel,ptt dan lainya.
  4. Untuk mengamankan pesan pada sms

Semoga sharing ringkas ini bermanaat jika ada yang ingin ditanyakan boleh memberikan komentar pada form dibawah artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>