Aplikasi SPK Single Exponential Smooth

Exponential smooth terdapat beberapa terdapat beberapa konsep dalam penyelesaiannya. Konsep-konsep yang ada di antaranya adalah penyelesaian smoothing yang terjadi sekali, dua kali dan tiga kali.

Pada proses smooth sekali ini di kenal dengan istilah single smooth, kemudia untuk smoothing dua kali di kenal dengan istilah double, dan smoothing tiga kali dikenal dengan triple.

Sebelumnya saya pernah share mengenai aplikasi double smooth pada perhitungan metode exponential ini. Nah kali ini saya akan sharing mengenai bagaimana aplikasi SPK (sistem pendukung keputusan menggunakan metode single exponential smooth).

Yang menjadi pertanya bagi teman-teman semua dalam meneliti sebuah kasus dengan menerapkan metode perhitungan adalah bagaimana konsep metode itu berjalan.

Selain itu, agar sebuah judul yang di ajukan dengan metode tertentu dapat di terima,disetujui atau di acc oleh dosen adalah peneliti harus  mengetahui apasih kelebihan dan kekurangan metode tersebut dibanding dengan yang lainya.

Kelebihan

Secara singkat, kelebihan dari metode single exponential smooth ini di banding dengan metode yang satu konsep dengan nya adalah:

  1. Perhitungan lebih ringan jika menggunakan single smooth
  2. Tidak membutuhkan resource logika yang besar
  3. Mampu mengeolah data list yang besar

Kekurangan

Meskipun ada beberaka kelebihan yang ada, namun setiap metode mampunyai kekurangan dalam penyelesaian masalah, diataranya:

  1. Perhitunganya tidak begitu kompleks, namun ini menjadi dasar untuk mudah di pahami
  2. Penyelesaian permasalahan menggunakan data, buka variabel penentu

 

Bagi yang mau lihat bagaimana aplikasi yang menggunakan double exponential smooth bisa di lihat di artikel ini Aplikasi SPK Double Exponential Smooth

Aplikasi SPK dengan Metode Single Exponential Smooth

1.Login

Login SPK single exponential smooth

Login SPK single exponential smooth

Sebelum user dapat mengolah data input hingga menghasilkan sebuah keluaran dari olah metode ini. User di haruskan masuk kedalam aplikasi menggunakan username dan password yang ada. Untuk user pengelola data hanya terdapat 1 level saja yaitu admin.

2.Dashboard

Dashboard SPK single exponential smooth

Dashboard SPK single exponential smooth

Dashboar adalah halaman utama ketika user telah berhasil login kedalam aplikasi. Pada tampilan ini user di mudahkan dengan panduan menu yang ada dalam aplikasi. Informasi panduan menu ini tersusun secara tersetruktur sesuai dengan menu yang ada dalam aplikasi.

Untuk pengembangan lainya biasanya pada tampilan dashboar ini bisa di isi dengan snipet-snipet data pada aplikasi atau sebuah tampilan widget dari menu-menu yang ada.

3. User

User Dashboard SPK single exponential smooth

User SPK single exponential smooth

Menu yang digunakan untuk mengelola data user yang ada dalam aplikasi. User dapat menambah data mengedit dan juga menghapus data user sesuai dengan kebutuhan.

4.Satuan

satuan SPK single exponential smooth

satuan SPK single exponential smooth

Menu satuan adalah menu yang digunakan untuk mengelola satuan data. Data yang di maksud disini adalah data utama yaitu data obat. Dan untuk data obat sendiri bisa terdiri dari beberapa satuan misalnya krim, cair, kapsul, tablet, dan kaplet. Untuk olah data lain satuan ini bisa di sesuaikan sendiri.

5. Obat

Obat SPK single exponential smooth

Obat SPK single exponential smooth

Merupakan data obat yang akan di oleh menggunakan metode ini dan akan di prediksi pemakaiannya di periode yang akan datang.

6.Data uji

Data uji SPK single exponential smooth

Data uji SPK single exponential smooth

Data uji merupakan data real atau data pengujian yang akan di bandingkan dengan hasil prediksi pada masing-masing obat. Dari data ini kamu akan mengetahui seberapa besar akurasi dan error yang terjadi pada perhitungan metode single exponential smooth.

7.Pengaturan

Pengaturan SPK single exponential smooth

Pengaturan SPK single exponential smooth

Pengaturan merupakan menu yang digunakan untuk mengatur konstanta alpa atau tingkat smooth. Pada pengaturan ini kamu dapat mengatur tingkat penyaringan mulai dari 0 sampai dengan 1. Fitur ini memudahkan kamu karena filter di buat dinasmis, sehingga dapat dirubah sesuka hati.

8.Pemakaian

Pemakaian SPK single exponential smooth

Pemakaian SPK single exponential smooth

Merupakan data pemakaian obat dari masing-masing obat. Data ini di input atau di entrikan dari jumlah pemakaian setiap bulan pada masing-masing obat dan terdapat beberapa tahun dari masing-masing obat tersebut.  Ini adalah menu bagian tab entri.

Sedangkan menu bagian tab total merupakan tampilan menu pemakaian yang digunakan untuk menginformasikan rincian total pemakaian setiap obat berdasarkan bulan dan tahun data.

Total Pemakaian SPK single exponential smooth

Total Pemakaian SPK single exponential smooth

9. Prediksi

Prediksi SPK single exponential smooth

Prediksi SPK single exponential smooth

Merupakan menu yang digunakan untuk melihat hasil prediksi dari perhitungan pemakaian obat menggunakan metode. Pada tampilan ini kamu dapat melihat obat, satuan, jenis dan hitungan prediksi pemakaian obat berikutnya.

Selain itu kamu juga dapat mengetahui data real dari pemakaian serta error dan juga rata-rata serta akurasinya.  Fitur penting dan menarik berikutnya yaitu kamu dapat melihat detail perhitungan dari metode ini dengan jelas dan mudah. Seperti berikut ini:

Detail prediksi SPK single exponential smooth

Detail prediksi SPK single exponential smooth

Demikian aplikasi spk menggunakan metode ses pada kasus presiksi pemakaian obat pada sebuah rumah sakit. Untuk aplikasi dengan metode ini pada kasus yang lain dapat menghubungi kami langsung 082285417494 ataupun dengan metode yang lainya.Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>