Aplikasi SPK Single Exponential Smooth

By , May 29, 2019,

Exponential smooth terdapat beberapa terdapat beberapa konsep dalam penyelesaiannya. Konsep-konsep yang ada di antaranya adalah penyelesaian smoothing yang terjadi sekali, dua kali dan tiga kali.

Pada proses smooth sekali ini di kenal dengan istilah single smooth, kemudia untuk smoothing dua kali di kenal dengan istilah double, dan smoothing tiga kali dikenal dengan triple.

Sebelumnya saya pernah share mengenai aplikasi double smooth pada perhitungan metode exponential ini. Nah kali ini saya akan sharing mengenai bagaimana aplikasi SPK (sistem pendukung keputusan menggunakan metode single exponential smooth).

Yang menjadi pertanya bagi teman-teman semua dalam meneliti sebuah kasus dengan menerapkan metode perhitungan adalah bagaimana konsep metode itu berjalan.

Selain itu, agar sebuah judul yang di ajukan dengan metode tertentu dapat di terima,disetujui atau di acc oleh dosen adalah peneliti harus  mengetahui apasih kelebihan dan kekurangan metode tersebut dibanding dengan yang lainya.

Kelebihan

Secara singkat, kelebihan dari metode single exponential smooth ini di banding dengan metode yang satu konsep dengan nya adalah:

  1. Perhitungan lebih ringan jika menggunakan single smooth
  2. Tidak membutuhkan resource logika yang besar
  3. Mampu mengeolah data list yang besar

Kekurangan

Meskipun ada beberaka kelebihan yang ada, namun setiap metode mampunyai kekurangan dalam penyelesaian masalah, diataranya:

  1. Perhitunganya tidak begitu kompleks, namun ini menjadi dasar untuk mudah di pahami
  2. Penyelesaian permasalahan menggunakan data, buka variabel penentu

 

Bagi yang mau lihat bagaimana aplikasi yang menggunakan double exponential smooth bisa di lihat di artikel ini Aplikasi SPK Double Exponential Smooth