Cara Pindahkan Semua Database Mysql Ke Komputer Lain

By , August 2, 2018,

Seperti yang sudah saya janjikan pada postingan yang lalu. Kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara memindahkan semua database aplikasi web kita dari satu komputer ke komputer lain atau dari satu laptop ke laptop yang lain.

Sebenarnya tutorial ini berlatar belakang dari kasus yang saya alami sendiri, yaitu laptop saya  terjadi error atau kerusakan pada OS atau operating system windowsnya. Sehingga hal tersebut membuat laptop saya hanya dapat bootloop saja dengan kasus permasalahan BSOD atau black screen of death. Ketika masalah ini terjadi, saya sedikit sangat cemas, masalahanya database yang ada di lapotop saya adalah projek-projek klien yang seebagian kecil masih dalam pengerjaan. Untuk mengatasi masalah ini saya menyelesaikannya kurang lebih sekitar 3 hari baru mendapat solusinya. Nah bagi teman-teman yang mengalami masalah serupa mungkin bisa coba cara ini.

Cara pindahkan database dar laptop/komputer yang windowsnya mati atau tidak bisa di akses

1.Untuk mengakses database yang berada pada laptop dengan OS crash atau error kamu harus punya yang namanya USB to Sata, ini adalah alat untuk membaca data hardisk laptop. Caranya adalah dengan melepas hardis tersebut dan membukanya di laptop atau komputerlain (harganya sekitar 165rb an).

2.Jikia sudah terbaca silahkan cari dimana lokasi database mysql berada. Jika kita biasanya mengakses melalui tampilah phpmyadmin kali ini kita akan melihat lokasi fisik dimana mysql database kita berada. Namun kondisi nyata fisik dari data ini adalah buka eksternsi .sql.

3.Pada kasus saya server yang saya gunakan adalah xampp, untuk itu jika kita ingin memindahkan semua database yang kita miliki maka di laptop tujuan dimana kita akan pindahkan database kita sebaiknya server yang kita gunakan adalah sama dan juga dengan versi yang sama.

Lokasi database diserver

Lokasi database diserver

Jika melihat lokasi diatas xampp saya saya install di disk D. bukan di disk C. Hal ini juga sy lakukan ketika saya sudah menginstall ulang laptop saya. Dan saya tambah lagi partisi khusus untuk server di laptop saya. Jika sebelumnya partisi di laptop saya hanya ada dua yaitu disk C: dan disk D: kali ini partisi ada 3 yaitu disk C:, disk D: dan disk E: Dan untuk detailnya disk c merupakan disk untuk operatisng sistem windows, disk d untuk install xampp dan disk e: untuk data sehari hari.

Dengan cara saya tersebut seandainya terjadi permasalahan pada windows yang kita gunakan, maka server kita cenderung lebih aman, karena jika kita ingin menginstall ulang windows kita, server kita terpisah dari OS yang kita gunakan.

3. Oke kembali lagi, seperti gambar yang saya sertakan diatas, silahkan copy seluruh folder mysql seperti yang saya lingkari merah diatas. Dan pastekan di root yang sama di server pada laptop lainya. Tapi untuk di laptop tujuan folder mysql silahkan di rename dengan nama lain terlebih dahulu, atau hapus saja terlebih dahulu atau pindahkan ke lain tempat.

4. Jika hal tersebut sudah di lakukan silahkan cek database kamu melalui phpmyadmin di browser kamu. Oia itu baru memindahkan databasenya. Untuk memindahkan aplikasi phpnya yang perlu kamu pindahkan adalah folder htdoc nya.

 

Oke sekian sharing kali ini Semoga dapat membantu kamu memindahkan database yang berada pada laptop yang sedang rusak. Kesimpulan pentingnya adalah jika memang kamu mempunya server aplikasi yang kamu gunakan untuk mengerjakan projek-projek untuk komersial. Maka sebaiknya pisahkan instalasi dengan windows atau operating sistem kamu. Agar data yang berada pada server kamu dapat lebih aman jika seandainya terjadi kerusakan pada OS kamu.