DFD Sistem Informasi Simpan Pinjam

By , January 15, 2021,

Sistem informasi simpan pinjam merupakan aplikasi yang berfungsi untuk mengelola penyimpanan dan peminjaman data atau uang. Biasanya pengelolaan ini terkait dengan dana anggota yang terdaftar pada suatu koperasi atau badan usaha.

Penting sekali pengelolaan dan manajemen kuangan pada sebuah koperasi. Hal ini untuk meningkatkan transparasi dan menghindari kesalahan administrasi pada tata kelola keuangan. Kesalahan yang di akibatkan dengan kesalahan administrasi akan mengakibatkan kerugian pada sebuah badan usaha atau koperasi.

Jika berbicara aplikasi, kali ini kita akan memabas mengani aliran data atau data flow (DFD) pada sistem informasi koperasi.

Untuk itu beberapa bagian dari analisis data flow diagramnya di bagi menjadi beberapa proses dan sekaligus pemecahan prosesnya.

Jenis Koperasi

Sebelumnya sebagai gambaran untuk jenis-jenis koperasi sebelum Kamu mengembangkan aplikasinya di antaranya sebagai berikut:

DFD Sistem Informasi Simpan Pinjam

Proses sistem

Umumnya sebuah sistem yang di kembangkan berbeda-beda. Targantung kebutuhan seperti apa sistem tersebut di buat. Sedikit  informasi secara umum tentang koperasi simpan pinjam:

  1. Mengelola anggota yang ingin menjadi peserta simpan pinjam
  2. Mengelola jenis simpanan, beberapa badan usaha mempunyai beberapa jenis simpanan. Jenis ini bergunsi untuk mengelompokkan masing-masing jenis simpanan
  3. Mengelola peminjaman, peminjaman dapat dilakukan oleh anggota dengan penghitungan pembayaran pinjaman dapat langsung cash dan juga berangsur.
  4. Mengelola dan mematau aliran kas uang atau dana masuk dan yang keluar koperasi.
  5. Pencetakan kartu anggota dan laporan

DFD Sistem Informasi Simpan Pinjam

Untuk aplikasi ini Dfd yang di analisa terbagi menjadi 3 level dfd. Level ini di mulai dari dfd level 0 (konteks diagram), dfd level 1, dfd level 2. Yang mana dfd level 1 dan 2 adalah pemecahan dari konteksi diagram.

1.Konteks Diagram (dfd level 0)

Konteks diagram sistem informasi koperasi simpan pinjam

Konteks diagram sistem informasi koperasi simpan pinjam

2.Dfd level 1

DFD level 1 sistem informasi koperasi simpan pinjam

DFD level 1 sistem informasi koperasi simpan pinjam

3.Dfd level 2

DFD level 2 sistem informasi koperasi simpan pinjam

DFD level 2 sistem informasi koperasi simpan pinjam

 

Untuk pengembangan sistem informasi koperasi simpan pinjam dapat berbeda beda. Untuk analisis diatas adalah analisis sitem secara umum. Namun ada juga pada setiap koperasi yang juga menjualan barang atau produk pada koperasi tersebut.

Dengan ada produk atau barang anggota juga dapat menyimpan berupa barang dan juga meminjam barang. Namun ini adalah fitur secara khusus tidak semua koperasi terdapat konsep ini.

Untuk jasa pembutan lengkap (Aplikasi,flowchart,erd dan lainya boleh menghubungi kami). Untuk file dfd vsd silahkan download di bawah ini.

DOWNLOAD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *