Mengembangkan Sistem Informasi Manajemen Pada Perbankan

By , March 8, 2018,
Mengembangkan Sistem Informasi Manajemen Pada Perbankan

Mengembangkan Sistem Informasi Manajemen Pada Perbankan /gambar:freepik

Perbangkan atau lembaga pengelola keuangan membutuhkan pengelolaan dan manajemen yang baik. Sistem informasi merupakan bagian penting yang tidak bisa dipisahkan dari pengelolaan tersebut. Manajemen perbankan membutuhkan pengelolaan yang sedikit memakan waktu. Hal tersebut bertujuan untuk mendukung dalam pengambilan keputusan tentang masalah perbankan.

Beberapa sistem informasi yang bisa di pakai bank

  1. Sistem informasi nasabah manajemen nasabah baru, memungkinkan pihak bank untuk mengelola nasabah baru yang baru melakukan registrasi atau pembukaan rekening pada bank. Keuntungan dari penggunaan ini pihak bank dapat mengetahui perkembangan dengan melihat data register perjangka waktu tertentu.
  2. Sistem informasi peminjaman kredit perbankan, merupakan sistem informasi yang bisa di pakai untuk melakukan pengelolaan kredit dan peminjaman dana yang diberikan oleh bank kepada nasabah. Dengan demikian data dapat di pantau oleh pihak bank dengan sistem independen bank untuk menghindari kesalahan pada sistem utama.
  3. Sistem informasi marketing perbankan, untuk terus mengembangkan dan memperluas pangsa pasar perlu adanya pengelolaan marketing yang baik. Dengan sistem ini pihak bank dapat melihat data potensi pemasaran secara realtime melalui tampilan geografis sistem informasi marketing ini.
  4. Sistem informasi manajemen pelayanan bank, untuk meningkatkan kualitas dan pelayanan, selain marketing dan pemasaran, hal yang tidak boleh ketinggalan adalah manajemen pelayanan yang diberikan kepada nasabah. Pengelolaan nasabah ini, memungkinkan bank dapat memantau pelayanan apa saja yang terbaik diberikan kepada nasabah dan bagaimana dengan respon nasabah terhadap pelayanan yang diberikan.
  5. Sistem informasi pengaduan nasabah, sistem informasi yang berguna untuk menerima pengaduan atau keluhan nasabah atas pelayanan yang diberikan. Pengaduan bertujuan untuk meningkatkan mutu dan integritas dari pelayanan yang dilakukan oleh karyawan bank.
  6. Sistem informasi evaluasi karyawan, sistem informasi yang berfungsi untuk menjadikan kinerja karyawan lebih baik. Dengan sistem ini bank menjadi lebih mudah untuk memberikan dan memantau kinerja karwayan. Dengan demikian bank dapat memberikan reward dan punishment terhadap karyawan yang berprestasi dan karyawan yang melakukan kesalahan

2 Hal yang perlu diperhatikan dalam mengembankan sistem informasi perbankan

  1. Infrastruktur, infrastruktur merupakan landasan untuk menunjang pengembangan sistem informasi yang akan dibangun. Infrastruktur yang baik akan meningkatkan kualitas dari sistem informasi. Salah satu pengaruh infrastruktur adalah apabila pengembangan sistem informasi sudah di kembangkan dengan baik namun tidak didukung dengan peralatan yang memadai, akan juga mengganggu berjalannya sistem yang telah dibuat. Kendala tersebut misalnya, server yang lemah, jaringan yang kurang memadai, kapasitas server rendah. Hal tersebut dapat menjadi pengaruh yang sangat signifikan terhadap sistem yang digunakan
  2. Sumber daya manusia, sumber daya manusia bagian yang terkait dengan berjalannya sistem informasi yang di kembankan baik itu di bank swasta maupun di bank nasional. Untuk mendukung berjalannya sistem agar berpengaruh terhadap kinerja maka perlu adanya pelatihan dan bimbingan teknis untuk penggunaan sistem yang telah ada. Dengan demikian sistem dapat dijalankan sebagaimana mestinya.
  3. Anggaran dan kebutuhan, kebutuhan akan penggunaan sistem informasi seharusnya didasarkan pada urgensi kebutuhan seberapa penting sistem tersebut berpengaruh terhadap kinerja perbankan. Dengan anggaran yang ada penggunaan sistem dan pengembangnnya dilakukan sesuai kebutuhan. Dengan demikian pihak perbankan tidak membangun sistem yang tidak ada gunannya.

 

Beberapa alasan perlu mengembangkan sistem informasi di perbankan adalah untuk meningkatkan mutu pelayanan dan kualitas. Yang tujuan akhirnya adalah meningkatkan profit dari bank itu sendiri. Pekerjaan menjadi lebih otomatis, berjalan dengan sistematis dan terukur. Demikian.  Untuk pemesana aplikasi dapat menghubungi kami lebih lanjut.